Jumat, Februari 11, 2011

Beethoven : Murid Langsung Ludwig Van Beethoven (2)

Beethoven : Murid Langsung Ludwig Van Beethoven (2)

  • 1801 – Carl Czerny (1791 – 1857)
murid_Carl-CzernyCarl Czerny adalah putra dari Wensel Czerny, seorang piano master di Wina. Pada usia 10 tahun, Carl sudah tahu bagaimana memainkan hampir semua karya piano Mozart, dan juga memainkan banyak karya dari komponis-komponis pada waktu itu.
Setelah Beethoven mendengar kemampuan Carl ini, ia menawarkan diri untuk menjadi guru bagi Carl dan memberikan pelajaran piano kepadanya. Pelajaran  ini berlangsung dari tahun 1801 sampai dengan tahun 1803, dua kali seminggu, tapi tidak secara reguler, dalam arti waktunya tidak tetap. Carl dikaruniai kemampuan memori/ingatan yang menakjubkan. Dia sanggup memainkan semua sonata piano Beethoven dengan penjiwaan yang luar biasa dan diluar kepala, khususnya ketika tampil di hadapan Pangeran Karl Lichnowsky.
Atas rekomendasi Ludwig van Beethoven, Carl menjadi salah satu guru musik di Wina yang memiliki reputasi tinggi.  Dia adalah guru dari Franz Liszt dan Ratu Victoria. Dia juga yang mengajar Karl Van Beethoven (1806 – 1858), keponakan Beethoven – putra dari Kaspar Anton Karl Van Beethoven (1774 – 1815), adik Beethoven – antara tahun 1816 sampai dengan 1818. Karl junior saat itu baru berusia 10 tahun, sebelum pada akhirnya mendaftarkan diri sebagai tentara.
Carl Czerny menulis banyak bahan pelajaran untuk piano, dia juga yang menerbitkan penjarian (fingering) untuk beberapa sonata piano Beethoven. Pada tahun 1842 ia membuat suatu catatan tertulis yang berjudul Erinnerungen aus meinem Leben (Memories from my life, suatu catatan kenangan sepanjang kehidupannya). Tahun 1852, dia memberikan catatan tersebut kepada Otto Jahn, sahabatnya, yang kemudian mempublikasikan catatan tersebut sebagai sebuah buku yang berjudul Anekdoten et notices sur Beethoven (Anecdotes and References of Beethoven).
Setelah Beethoven meninggal, Carl Czerny menerbitkan aransemen piano untuk sembilan simfoni Beethoven.
Carl juga membuat arasemen untuk beberapa karya Beethoven, antara lain :
- versi kedua dari Leonore, Opus 72, diaransemen untuk piano;
- Simfoni 8, Opus 93, diaransemen untuk dua piano (yang kemudian dibuat untuk permainan versi dua tangan oleh Tobias Haslinger);
- overture/musik pengantar opera “The Consecration of the House”, Opus 124, diaransemen untuk satu dan dua piano.


http://kandangjago.web.id/musik/beethoven-murid-langsung-ludwig-van-beethoven-2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar