Senin, Januari 31, 2011

Beethoven : Murid Langsung Ludwig Van Beethoven (3) – Tulisan Terakhir

Beethoven : Murid Langsung Ludwig Van Beethoven (3) – Tulisan Terakhir

Share
  • 1803 – Johann Joseph Rainer Rudolph (1788 – 1831)
murid_Archduke-RudolpheDisebut juga Archduke Rudolph. Rudolph adalah putra termuda dari Kaisar Leopold II (berkuasa sebagai kaisar pada tahun 1790 – 1792). Kakak Rudolph, Francois yang kemudian menggantikan Kaisar Leopold II.
Beethoven menjadi guru Rudolph antara tahun 1803 sampai dengan 1804.
Dia memberikan pelajaran piano dan komposisi. Rudolph adalah seorang pemain piano yang sangat baik. Beethoven mengajar Rudolph setiap hari antara dua sampai dengan tiga jam. Beethoven sering sekali mengeluh tentang hal ini, karena ia merasa terpaksa mengajar Rudolph setiap hari. Tapi bagaimanapun juga, Rudolph juga sering kali pergi keluar dari Wina.
Pada tahun 1809, Rudolph menjadi salah satu dari tiga pendukung Beethoven di samping Pangeran Kinsky dan Pangeran Lobkowitz. Rudolph ditahbiskan menjadi uskup agung di Olmutz pada bulan Maret 1820, namun Beethoven sering berjumpa dengan dia dan tetap mengajarnya sampai dengan tahun 1824.
Beethoven banyak mempersembahkan karya-karyanya kepada Archduke Rudolph, antara lain Trio Archiduke, beberapa sonata piano (Les adieux, Hammerklavier), Triple Concerto, Misa Solemnis dan The Grande Fugue.
Sementara Rudolph sendiri membuat beberapa komposisi yang dipersembahkan untuk Beethoven, antara lain 40 variasi dari Beethoven’s air dan berpartisipasi juga dalam Diabelli’s variations (Variasi Diabelli) seperti halnya banyak komponis yang lainnya. Kumpulan karya-karya Beethoven edisi pertama (edisi awal) dan beberapa surat Beethoven yang dikirimkan kepada Archduke Rudolph masih tersimpan rapi di Gesellschaft der Musikfreunde di Wina.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar