Senin, Januari 31, 2011

Beethoven : Murid Langsung Ludwig Van Beethoven (1)

Beethoven : Murid Langsung Ludwig Van Beethoven (1)

  • 1801 – Countess Giulietta Guicciardi (1784 – 1856)
murid_Countess-Giulietta-GuicciardiGiulietta Guicciardi sempat menjadi murid Beethoven pada saat Guicciardi berusia 17 tahun. Beethoven membuat komposisi Sonata Op. 27 No. 2 yang kemudian dikenal sebagai Moonlight Sonata yang didedikasikan/dipersembahkan untuk murid wanitanya ini.
Pelajaran kursus piano baru dilakukan beberapa kali dan membuat Beethoven jatuh cinta kepada Guicciardi. Kemudian Beethoven melamarnya untuk dijadikan istrinya. Meskipun ia bersedia menerima lamaran Beethoven, tapi kedua orang tua Guicciardi menghalangi dan melarangnya untuk menikah dengan Beethoven dengan alasan bahwa seorang putri bangsawan tidak boleh menikah dengan orang biasa. Mungkin hal ini juga menjadi alasan yang cukup kuat untuk membuat Beethoven mengalami depresi sepanjang tahun 1802 hingga membuat surat wasiat Heiligenstadt (Heiligenstadt Testament).
  • 1803 – Ferdinand Ries (1784 – 1838)
murid_Ferdinand-RiesFerdinand Ries lahir di kota yang sama dengan Beethoven yaitu di Bonn, putra dari Franz Ries. Franz Ries adalah guru musik dan biola Beethoven waktu dia masih kecil. Keluarga Riez dan keluarga Beethoven mempunyai hubungan yang sangat dekat, dan Franz Riez sangat membantu khususnya pada saat kematian ibu Beethoven pada tahun 1787.
Ketika Ferdinand tiba di Wina tahun 1803, dia masih berusia 18 tahun dan memiliki bakat sebagai seorang musisi. Dia memperkenalkan dirinya kepada Beethoven dengan membawa surat rekomendasi dari ayahnya. Beethoven mengajar Ferdinand seminggu tiga kali selama satu jam sampai tahun 1805, sembari bekerja di tempat Count Browne dan Pangeran Lichnowsky atas bantuan Beethoven, sekaligus juga ia menjadi penulis naskah lagu-lagu Beethoven selama menjadi muridnya.
Pada tahun 1805, Ferdinand meninggalkan kota Wina, tapi dia tidak pernah melupakan gurunya. Ia membuat komposisi 2 Sonata Piano Op. 1 yang dipersembahkan khusus untuk Beethoven.
Tahun 1813, Ferdinand pergi ke London dan tahun 1815 ia menjadi anggota Philharmonic Society yang pernah mencoba mengundang Beethoven untuk pergi ke London, tapi Beethoven tidak pernah berangkat, meskipun dia menerima tawaran untuk pembuatan 2 simfoni besar yang rencananya akan ditampilkan pada musim konser 1817 – 1818 dimana Beethoven diminta untuk tampil sendiri. Beethoven tidak membuat simfoni pesanan tersebut, tetapi justru membuat sebuah sonata piano dalam empat gerakan yang kemudian dikenal sebagai Sonata Hammerklavier Op. 106 yang menghabiskan waktu satu tahun dalam pembuatannya.
Setelah menjadi kaya, Ferdinand tinggal menetap di Frankfurt. Pada tahun 1838 Ferdinand Ries dan Gerhard Wegeler menerbitkan buku yang berisi tentang perjumpaannya dengan Beethoven yang berjudul Biographical Notices.
Ferdinand membuat beberapa opera, oratorio, simfoni dan beberapa komposisi lain khususnya untuk piano. Namun sayangnya, karya tersebut sekarang sulit didapatkan. Ferdinand juga membuat aransemen untuk beberapa karya Beethoven, antara lain :
- the 2nd, 3rd and 4th String Trios, Opus 9, diaransemen untuk trio piano;
- the 7th Sonata for piano, Opus 10 no. 3, diaransemen untuk string quartet;
- the first six String Quartets, Opus 18, diaransemen untuk trio  piano;
- the 15th Sonata for piano, berjudul Pastorale, Opus 28, diaransemen untuk string quartet;
- the 7th Sonata for Violin,Opus 30 no. 2, diaransemen untuk string quartet;
- the 18th Sonata for piano, berjudul La Chasse, Opus 31 no. 3, diaransemen untuk string quartet;
- the Second Symphony, Opus 36, diaransemen untuk string qintet, double basses, flute dan dua horns.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar